Hati-hati! Ini Kontraindikasi dan Interaksi Azithromycin 500mg

Antibiotik atau antibakteri adalah golongan obat yang digunakan untuk mengatasi infeksi akibat bakteri. Bakteri sendiri memiliki beragam jenis baik bakteri baik maupun bakteri jahat. Obat antibiotik diformulasi untuk melawan kelebihan bakteri jahat pada tubuh yang dapat menimbulkan penyakit.

Obat-obat antibiotik banyak yang diresepkan dan termasuk dalam golongan obat keras untuk menghindari penggunaan berlebihan yang dapat menyebabkan resistensi antibiotik. Antibiotik hanya digunakan untuk mengatasi infeksi akibat bakteri dan tidak akan berhasil pada infeksi akibat virus atau jamur, oleh karena itu, perhatikan penyebab Anda terserang infeksi.

Azithromycin Novell Kaplet 500 mg  harga terbaik

Salah satu obat antibiotik adalah Azithromycin 500mg yang merupakan obat generik golongan makrolida. Agar obat berfungsi dengan baik, maka cara pemakaiannya pun harus disesuaikan dengan resep dokter. Perhatikan kontraindikasi, interaksi dan efek sampingnya yang mungkin timbul sehingga Anda bisa mengatasi atau menghindarinya. 

Berikut hal-hal terkait Azithromycin 500mg.

Apa itu Azithromycin 500mg

Azithromycin 500mg adalah obat generik (obat yang dijual dengan nama yang sama dengan nama bahannya) yang termasuk dalam golongan obat untuk mengatasi beragam jenis infeksi bakteri (makrolida). Obat ini adalah obat keras dengan resep dokter yang konsumsinya pun harus berhati-hati sesuai petunjuk dokter atau tenaga kesehatan lainnya.

Obat ini dapat mengatasi kondisi infeksi pada kulit dan jaringan lunak, infeksi saluran pernafasan seperti pneumonia, infeksi saluran pernapasan seperti sinusitis, penyakit kencing nanah yang tidak berkomplikasi, hingga penyakit menular seksual yang menyebabkan peradangan pada alat kelamin yang menahun.

Azithromycin dikenal juga dengan sebutan nama merek Zithromax. Untuk sebagian besar infeksi, akan terasa lebih baik dalam beberapa hari, namun Anda tetap harus menyelesaikan pengobatan lengkap Anda sesuai dengan yang telah diberitahukan oleh dokter atau apoteker.

Efek Samping Azithromycin 500mg

Efek samping mungkin timbul setelah Anda mengonsumsi Azithromycin 500mg. Gejala-gejala umumnya dapat berupa gangguan saluran pencernaan, seperti mual, muntah, dan diare, kehilangan nafsu makan, sakit kepala, pusing atau lelah, perubahan indera perasa, dan gangguan penglihatan dan iritasi.

Ada pula efek samping yang serius tapi jarang terjadi. Jika Anda mengalami efek samping serius azithromycin seperti di bawah ini maka segeralah hubungi dokter, gejalanya dapat berupa:

  • Nyeri dada
  • Detak jantung yang lebih cepat/tidak teratur
  • Gangguan hati, seperti kulit dan mata menguning, kotoran pucat dengan urin berwarna gelap
  • Telinga berdenging, gangguan pendengaran sementara, dan vertigo
  • Sakit parah di perut atau punggung yang bisa menjadi tanda peringatan munculnya peradangan pankreas (pankreatitis)
  • Diare yang mungkin disertai dengan kram otot dan mengandung darah atau lendir, jika terjadi selama lebih dari 4 hari, segera hubungi dokter

Perhatian Khusus dan kontraindikasi konsumsi obat Azithromycin 500 mg

Sebelum mengonsumsi Azithromycin 500 mg, perhatikan apakah Anda memiliki kondisi khusus. Untuk itu, konsultasikan ke dokter apabila Anda dalam kondisi:

  • Menderita penyakit atau gangguan fungsi hati dan ginjal

Pasien dengan penyakit ini biasanya tidak direkomendasikan untuk mengambil Azithromycin karena melihat efek samping dari obat tersebut.

  • Ibu hamil dan menyusui

Azitromisin biasanya tidak dianjurkan selama kehamilan atau saat menyusui. Obat ini akan diresepkan bila hasil pertimbangan manfaat lebih besar dibanding dengan risikonya.

  • Memiliki riwayat penyakit otot

Ini karena Azithromycin 500 mg dapat memperburuk gejala penyakit pelemahan otot

  • Memiliki alergi pada obat

Jika Anda memiliki alergi pada kandungan obat maka tentu obat ini tidak akan diresepkan pada Anda. 

  • Memiliki masalah jantung

Jika Anda memiliki penyakit atau gangguan jantung, termasuk detak jantung tidak teratur (aritmia) dan gagal jantung, beritahukan pada dokter dan Anda kemungkinan besar tidak akan diresepkan karena Azithromycin dapat meningkatkan efek sampingnya terhadap masalah jantung Anda.

  • Mengidap diabetes

Azithromycin cair atau sirup biasanya mengandung gula yang tidak begitu baik pada pengidap diabetes.

Interaksi obat Azithromycin 500mg

Obat-obatan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Azithromycin, antara lain:

  • Antasida, obat untuk gangguan pencernaan
  • Ergotamine atau dihydroergotamine, obat untuk migrain
  • Warfarin, obat pengencer darah atau mencegah pembekuan darah
  • Cyclosporin atau tacrolimus, obat untuk menghentikan reaksi berlebihan sistem kekebalan 
  • Colchicine, obat untuk asam urat
  • Digoxin, obat untuk beberapa masalah jantung
  • Rifabutin antibiotik
  • Nelfinavir, obat untuk HIV
  • Obat penurun kolesterol Anda, seperti simvastatin dan atorvastatin
  • sedang mengonsumsi amiodarone atau sotalol, obat aritmia

Jangan gunakan obat lain yang memiliki efek samping yang sama dengan Azitromisin. Beritahukan dokter bila Anda sedang mengonsumsi obat lain, mencakup:

  • Obat antidepresan,seperti citalopram
  • Obat antipsikotik yang digunakan untuk mengobati masalah kesehatan mental yang parah
  • Beberapa obat anti sickness, seperti domperidone
  • Beberapa antibiotik lain, seperti moksifloksasin

Azithromycin 500mg dan covid

Obat Azithromycin pada awal Covid-19 dijadikan sebagai salah satu obat standar untuk perawatan pasien Covid-19, namun kini status tersebut telah direvisi. Mengutip Kompas,  dalam Revisi Protokol Tata Laksana Covid-19, lima organisasi profesi kedokteran tak lagi memasukkan obat ini dalam standar perawatan pasien Covid-19. Meski demikian, obat ini masih diberikan sebagai terapi tambahan. 

Ini karena efek anti inflamasi dengan penggunaan obat antibiotik ini, ternyata buktinya tidak terlalu kuat, ditambah dengan pertimbangan para dokter mengenai potensi penggunaan antibiotik yang berlebih yang dapat menjadi ancaman global terhadap meningkatnya kejadian bakteri multiresisten. 

WHO juga menganjurkan pemberian antibiotik dilakukan pada kasus Covid-19 yang berat saja dan tidak menganjurkan pemberian antibiotik rutin pada kasus covid-19 yang ringan. Azithromycin hanya digunakan apabila ditemukan adanya kecurigaan koinfeksi dengan mikroorganisme atipikal, yaitu pada kasus berat dan kritis.

Azithromycin 500 mg sangat baik dalam mengobati infeksi akibat bakteri jika dikonsumsi dalam batas wajar sesuai dengan petunjuk dokter dan apoteker. Selalu perhatikan kondisi apa saja yang Anda harus konsultasikan pada dokter sebelum meminum obat ini. Bila timbul efek samping yang serius segera hubungi dokter. Perhatikan juga untuk tidak mengonsumsi obat yang bisa berlawanan atau memiliki efek samping yang sama dengan Azithromycin.

Azithromycin yang awalnya merupakan obat standar untuk kasus Covid-19 juga telah direvisi mengingat efektivitas dan potensi terjadinya bakteri multiresisten pada pasien. Oleh karenanya, Azithromycin hanya diberikan sebagai terapi terkhusus untuk kasus Covid-19 yang berat.Anda bisa mendapatkan lebih banyak informasi tentang Azithromycin di website dan aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Anda juga bisa menebus obat Azithromycin secara online dengan resep dokter di Toko SehatQ yang dapat diakses melalui aplikasi SehatQ. Download aplikasinya sekarang di App Store dan Play Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *