Ini Langkah Pemakaian Basic Skincare Rutin yang Tepat

Pemakaian basic skincare sangat penting dilakukan agar kulit tetap terjaga kesehatannya. Namun seringkali masih banyak yang salah dalam mengurutkan pemakaian basic skincare. 

Hal ini tentunya akan berpengaruh pada kinerja skincare yang dipakai. Basic skincare merupakan pemakaian skincare yang paling dasar. 

Tahapan ini terdiri dari pemakaian skincare sederhana mulai dari cleanser hingga masker. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, tentunya harus dengan pemakaian yang urutannya tepat. Seperti apa?

Pembersih Wajah

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam menggunakan basic skincare yakni dengan membersihkan wajah. Gunakan pembersih wajah atau cleanser yang cocok untuk kulit kamu di tahap ini. 

Urutan pertama ini berguna untuk membersihkan kulit dari sisa makeup, debu, kotoran, hingga sel kulit mati yang menumpuk. Bukan hanya itu saja, dengan menggunakan cleanser juga dapat menghilangkan minyak dari kulit wajah. Sehingga kinerja skincare di tahap selanjutnya akan bekerja lebih optimal. Jangan lupa untuk mencuci wajah maksimal dua kali sehari.

Aplikasikan Toner

Memakai toner adalah step selanjutnya dalam rangkaian basic skincare. Langkah ini dapat mengembalikan pH kulit menjadi normal dari sebelumnya yang berkurang karena mencuci wajah.

Selain itu, toner juga memiliki fungsi yang beragam tergantung dengan kandungan dan jenis toner yang kamu pakai. Pada umumnya toner memiliki manfaat untuk kulit yakni dapat mengangkat sisa kotoran, menghidrasi kulit, hingga merawat kulit yang punya masalah jerawat. 

Punya segudang manfaat tentunya pemakaian toner sangat penting dimasukan ke dalam urutan basic skincare kamu. 

Pelembap

Selanjutnya aplikasikan moisturizer atau pelembap pada wajah. Penggunaan skincare ini akan membantu melembapkan dan menutrisi kulit wajah. Namun saat perlu diperhatikan dalam memiliki pelembap. Sebab jika salah akan menyebabkan kulit breakout hingga berjerawat. 

Bagi kamu yang memiliki jenis kulit normal, bisa menggunakan pelembap dengan bentuk krim atau lotion. Sementara jenis kulit kering gunakanlah pelembap atau moisturizer berbentuk krim. Dan untuk jenis kulit berminyak pilih pelembap dengan tekstur gel.

Sunscreen 

Langkah selanjutnya adalah pemakaian sunscreen. Langkah ini sangat penting dilakukan agar kulit tetap terjaga dari efek negatif paparan sinar matahari. 

Tak hanya kamu yang beraktivitas di luar ruangan, pemakaian sunscreen juga penting dilakukan untuk kamu yang beraktivitas di dalam ruangan.

Aplikasikan sunscreen sebanyak dua ruas jari. Jangan lupa untuk mengulang pemakaian setiap 2 jam sekali terlebih bagi kamu yang bekerja di luar ruangan. 

Masker wajah

Masker menjadi pelengkap rangkaian basic skincare rutin. Pemakaian masker dapat membantu kinerja pelembap lebih optimal. Agar lebih simple, biasanya masker yang banyak dipilih adalah jenis sheet atau tisu. Masker jenis ini kebanyakan memiliki kandungan serum yang dapat memberikan kelembapan juga menutrisi kulit. 

Menggunakan masker wajah disarankan dipakai pada malam hari sebelum menggunakan pelembap. Gunakan masker pada wajah selama 15-20 menit. 

Masker wajah ini bisa kamu masukkan ke dalam rangkaian basic skincare di malam hari sebelum tidur. Dengan cara ini kamu akan mendapatkan kulit yang lembap dan segar di pagi harinya. 

Basic skincare bisa kamu lakukan di pagi dan malam hari. Gunakan basic skincare pada pagi hari sebelum menggunakan makeup saat akan beraktivitas. 

Pada malam hari lakukan rangkaian basic skincare dengan urutan yang tepat sebelum tidur. Karena ini merupakan waktu yang tepat dimana regenerasi kulit berlangsung di malam hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *