Lakukan Vaksinasi HPV di Prodia Bogor Untuk Mencegah Kanker Serviks

Kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang sangat membahayakan dan menakutkan bagi perempuan. Selain dapat menyebabkan kematian, kanker serviks juga bisa membuat Anda tidak bisa memiliki keturunan. Maka dari itu, diperlukan pencegahan sejak dini dari kanker serviks. Salah satunya adalah dengan melakukan vaksinasi HPV di Prodia Bogor.

Meski sudah melakukan vaksin, bukan berarti Anda bisa terbebas dari penyakit ini. Berbagai pemeriksaan dapat dilakukan untuk mengatasi keluhan kesehatan terkait dari penyakit ini dan mencari tahu pengobatan yang tepat untuk dilakukan. Jika terdeteksi sejak awal, maka pengobatan dapat disesuaikan sesuai seberapa parah kanker serviks yang diderita. 

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan terhindar dari penyakit ini. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kanker serviks.

  1. Rutin menjalani pemeriksaan pap smear

Salah satu cara terbaik agar terhindar dari kanker serviks adalah dengan melakukan pap smear. Rutin menjalani pemeriksaan pap smear dapat mendeteksi apakah terdapat sel – sel dalam leher rahim yang berpotensi menjadi kanker. Anda disarankan mulai rutin melakukan pemeriksaan pap smear sejak usia 21 hingga 30 tahun. Jika sudah berusia di atas 30 tahun, anda dapat melakukan tes pap smear pap smear yang disertai dengan melakukan tes HPV setiap lima tahun sekali. Sebelum melakukan tindakan pemeriksaan pap smear, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

  1. Lakukan tes DNA HPV

Tes DNA HPV bisa dilakukan sebagai bentuk pencegahan dari kanker serviks. Tujuan dilakukannya tes ini adalah untuk mencari tahu keberadaan virus HPV yang terdapat di dalam DNA leher rahim. Tidak hanya itu, tes ini juga menjadi salah satu cara efektif untuk mencegah kanker serviks. Tes DNA HPV bisa dilakukan dengan du acara, yaitu dilakukan secara bersamaan dengan pap smear dan bisa juga dilakukan setelah Anda melakukan pemeriksaan pap smear.

  1. Lakukan vaksinasi HPV

Melakukan vaksinasi HPV yang bisa dilakukan di Prodia Bogor ini menjadi salah satu usaha penting yang bisa dilakukan untuk terhindar dari kanker serviks. Vaksin ini bisa dilakukan oleh perempuan maupun laki – laki sejak usia 9 hingga 26 tahun sehingga pencegahan kanker serviks bisa dilakukan sejak usia dini. Pemberian vaksin HPV ini sebetulnya paling ideal dilakukan oleh Anda yang belum aktif secara seksual. Jika Anda sudah aktif melakukan kegiatan seksual, akan lebih baik melakukan pemeriksaan pap smear terlebih dulu sebelum melakukan vaksinasi HPV.

  1. Hindari merokok

Racun pada rokok bersifat oksidatif yang bisa mengakibatkan menurunnya sistem imun dalam melawan infeksi virus HPV. Jadi, dengan menghindari rokok bisa menjadi salah satu usaha sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kanker serviks. Selain menjadi salah satu usaha mencegah kanker serviks, jika Anda menghindari rokok itu artinya juga sudah melakukan pola hidup yang sehat secara perlahan. Tidak hanya kanker serviks saja, tetapi berbagai gangguan kesehatan lainnya juga bisa dicegah dengan menghindari rokok.

  1. Selalu lakukan seks yang aman

Hubungan seks yang tidak aman seperti tidak menggunakan kondom bisa menjadi penyebab dari penularan virus HPV. Virus ini bisa menyebar melalui berbagai kontak seksual lainnya seperti seks oral, seks vaginal, seks anal, kulit di area genital yang saling bersentuhan sampai dengan penggunaan sex toys saat berhubungan seks. Tidak hanya itu, berganti pasangan seksual juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker serviks.

  1. Jaga kebersihan vagina

Menjaga kebersihan vagina menjadi hal penting untuk Anda dalam mencegah kanker serviks, terutama saat sedang menstruasi dan keputihan. Anda bisa menggunakan cairan antiseptik yang biasanya menganfung povidone iodine, khusus kewanitaan Anda untuk menjaga kebersihan vagina. 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kanker serviks selain melakukan vaksinasi HPV di Prodia Bogor. Anda bisa melakukan penjadwalan vaksinasi atau pemeriksaan terkait kanker serviks melalui website Prodia atau SehatQ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *